Dishub Prov. Kalteng bersama BPTD Wilayah XVI Kalteng Ikuti Rakorpim Kemenhub RI terkait PSN Food Estate di Kalimantan Tengah

  • Whatsapp

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah Yulindra Dedy, S.STP., M.Si bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah Buang Turasno, ATD., MT ikuti Rakorpim Kemenhub RI terkait PSN Food Estate di Kalimantan Tengah bertempat di Kementerian Perhubungan RI Jl. Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat, Jum’at (16/10/2020).

Menurut Plt. kadishub Prov. Kalteng “kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Strategis Nasional berkaitan dengan Program Food Estate di Kalimantan Tengah yakni komoditas Tanaman Pangan seperti  Padi di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau dan Singkong di Kabupaten Gunung Mas serta sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas secara Virtual antara Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Senin tanggal 12 Oktober 2020 dan persiapan Kunjungan Kerja Bapak Menteri Perhubungan RI ke Provinsi Kalimantan Tengah terkait PSN Food Estate dan beberapa agenda Kemenhub RI yang direncanakan pada hari Selasa tanggal 20 Oktober 2020” jelasnya.

Dimana pada hari sebelumnya pada tanggal 15 Oktober 2020 bertempat di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI dilaksanakan pembahasan terkait rencana outlet  food estate dan rencana pembangunan beberapa dermaga strategis yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI (Drs. Budi Setyadi, S.H.,M.Si)  dihadiri oleh Plt. Kadishub Prov. Kalteng (Yulindra Dedy, S.STP., M.Si), Kepala BPTD Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah (Buang Turasno, ATD, MT) dan beberapa pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan disimpulkan bahwa Kementerian Perhubungan RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan membantu Proses kelancaran pendistribusian baik pupuk, bibit maupun barang lainnya maupun yang pada akhirnya hasil pertanian berupa padi dan singkong dan barang lainnya baik dari dan ke lokasi food Estate melalui Pelabuhan, untuk itu Kementerian Perhubungan akan membangun beberapa Dermaga antara lain Dermaga Mantangai, Dermaga Penyeberangan Sungai Selat dan Murung Keramat, Dermaga Penyeberangan Sungai Mintin dan Teluk Sampit, Dermaga Penyeberangan Sungai Kapar, Dermaga Penyeberangan Lupak Dalam dan Dermaga Terusan Karya.

Selanjutnya pada tanggal 16 Oktober 2020, dilaksanakan Rakorpim Kemenhub RI yg dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng dan Kepala BPTD Wilayah XVI Kalimantan Tengah. Setelah mendengarkan paparan dari masing-masing Dirjen dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, selanjutnya dalam arahannya Menteri Perhubungan menegaskan dukungan dari sektor perhubungan untuk mendukung PSN food estate di Kalteng. Dimana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 s.d. 2022 harus betul-betul dicek dengan baik agar dapat terintegrasi dengan simpul-simpul produksi pertanian baik dari lokasi pengembangan singkong di Kab. Gunung Mas dan Produksi pertanian di Kab. Kapuas dan Kab. Pulang Pisau.

Direncanakan pada hari Selasa tanggal 20 oktober 2020, Menteri Perhubungan Republik Indonesia akan datang ke Kalimantan Tengah untuk melaksanakan beberapa agenda diantaranya Peresmian Bandara HM Sidik di Kab. Barito Utara dan dilanjutkan Rapat untuk membahas dukungan Kemenhub RI dalam upaya percepatan pembangunan kawasan food estate di Kalimantan Tengah bersama Plt. Gubernur Kalimantan Tengah dan Forkopimda Kalteng.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *