BPTD Wilayah XVI Kalteng Gelar Pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor se Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020

  • Whatsapp

Balai Pengelola Transportasi Darat XVI Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan pertemuan penguji kendaraan bermotor se Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020 bertempat di hotel Aquarius Boutique Hotel Sampit, Sabtu dan Minggu (10-11/10/2020).

Kegiatan yang bertema “Sinergitas dan Integritas Penguji Kendaraan Bermotor Menjadi Faktor Penting Dalam Menunjang Keselamatan di Jalan” ini dihadiri oleh 33 orang Penguji Kendaraan Bermotor se Kalimantan Tengah.

Hadir dalam kesempatan yang sama perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Prov. Kalteng Andreas Palem Santosa, ST., MT.

Menurut Kepala BPTD Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah Buang Turasno, ATD., MT dalam sambutanya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, “kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan mengikuti perkembangan informasi terkini dalam hal penyelenggaraan pengujian berkala kendaraan bermotor”.

Lanjutnya, sejalan dengan hal tersebut dalam rangka mewujudkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan mempunyai tanggung jawab Pilar Kendaraan Yang Berkeselamatan. Dimana untuk mewujudkan kendaraan yang Berkeselamatan salah satu yang penting adalah Pengujian Kendaraan Bermotor yang memenuhi sertifikasi dari peralatan pengujian nya dan kompetensi yang dimiliki penguji nya, jelasnya.

Adapun sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain, Joko Pratomo, M.Si Kepala Seksi Sertifikasi Penguji menyampaikan materi Penyelenggaraan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor yang Ideal di Kabupaten/Kota.

Selanjutnya Endy Irawan, SH., MH Kabag Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Darat menyampaikan materi Berbagai Permasalahan Dalam Penyelenggaraan UPUBKB (Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor) ditinjau dari aspek hukum yang berlaku.

Dan sebagai Narasumber ketiga, Sofyan Azis, project manager PT. Pura Barutama menyampaikan materi efektivitas penerapan blue (smart card) dalam penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor.

Terakhir disampaikan materi tentang Sinergitas dan Keprofesionalan Penguji Kendaraan Bermotor menjadi faktor penting dalam menunjang keselamatan di jalan oleh Ir. Dwi Wahyono, M.Sc selaku Ketua Dewan Pakar DPP IPKBI.

Diharapkan melalui kegiatan ini Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah menjadi pengujian yang ideal, mampu menerapkan Bukti Lulus Uji Elektronik (smart card) dan penguji dapat melaksanakan pengujian lebih profesional sesuai dengan aturan yang berlaku.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *