Penyuluhan dan Pembinaan Bagi Driver Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

  • Whatsapp

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan bagi Driver Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (8/8/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Driver Kepala OPD yaitu sebanyak 42 Driver di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Adapun rangkaian kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan bagi Driver Kepala OPD ini diawali dengan pengantar yang disampaikan oleh Kabid Lalu Lintas Jalan Dishub Prov. Kalteng Andreas Palem S, ST., MT yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena beberapa waktu yang lalu terjadi kecelakaan dalam selang waktu yang tidak terlalu lama yang melibatkan beberapa kendaraan dinas OPD dan dengan adanya kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk menyegarkan kembali tata cara konvoi serta keselamatan dalam berlalu lintas.

Read More

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah Yulindra Dedy, S.STP., M.Si dan dalam kesempatan yang sama hadir sebagai narasumber perwakilan dari Ditlantas Polda Kalimantan Tengah bagian Patroli Jalan Raya (PJR).

Selanjutnya Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah Yulindra Dedy, S. STP., M.Si dalam paparannya menyampaikan Tata Cara Berkonvoi Dalam Berkendara antara lain yaitu persiapan sebelum mengemudi agar selamat bergantung pada pengemudi yang harus sehat dan mempunyai SIM yang sesuai. Selain itu kendaraan juga harus baik dan laik jalan serta mempunyai catatan perawatan yang baik dan selalu diservis di bengkel resmi. Selain itu disampaikan aturan dalam berkonvoi seperti kecepatan, jarak aman dan sikap pengemudi yang selalu harus waspada. Dinas perhubungan juga siap melakukan pengecekan kendaraan sebelum pelaksanaan konvoi rombongan pejabat Provinsi Kalimantan Tengah.

Paparan terakhir diampaikan dari Dirlantas Polda Kalteng yaitu Bapak Ariyo yang menyampaikan materi teknis-teknis di dalam konvoi antara lain :
1. Pada waktu konvoi dilarang menghidupkan lampu hazard, karena mobil di belakangnya tidak mengetahui ke mana arah kendaraan di depannya;
2. Lampu utama dihidupkan selama konvoi;
3. Jarak aman kendaraan 80 m pada kcepatan 80 Km/jam;
4. Urutan konvoi mengikuti Eseloning pejabat yang ada dalam rangkaian;
5. Kecepatan maksimal di luar kota 80 Km/jam;
6. Sebelum konvoi kendaraan harus dalam kondisi Fit dan sopir jiga harus sehat dan prima; dan
7. Diperlukan pemeriksaan kendaraan antara lain : air radiator, oli, rem, tekanan ban, lampu-lampu, baut ban, sabuk keselamatan, dan lain-lain.

Di akhir paparannya dari tim PJR Polda Kalteng tersebut, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mengumpulkan para Driver ini, sehingga nantinya sewaktu-waktu ada kegiatan pengawalan dan konvoi pejabat Provinsi Kalimantan Tengah seluruh driver sudah paham tata cara konvoi dan persiapan-persiapan yang harus dilakukan.

Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan simulasi konvoi di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah yang diikuti dengan seksama oleh seluruh driver yang hadir.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *