Pemprov Kalteng Juara III Sektor Transportasi Umum dalam Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19

  • Whatsapp

Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan hasil Lomba dan Penganugerahan Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang diselenggarakan di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (22/6).

Lomba ini telah dimulai sejak 29 Mei 2020 dan hingga pada masa penutupan telah masuk sebanyak 2.517 video dari semua pemda dan dinilai oleh tim juri gabungan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

Read More

Menteri Dalam Negeri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D dalam sambutannya, selain piagam penghargaan hadiah juga akan diberikan oleh Menteri Keuangan berupa Dana Inseptif Daerah (DID) total Rp 168 milyar bagi 84 pemenang pada 7 sektor dan 4 klaster. Juara Pertama mendapatkan DID Rp 3 milyar, Juara Kedua mendapatkan DID Rp 2 milyar, dan Juara Ketiga mendapatkan DID Rp 1 milyar.

Menurut Plt. Kadishub Prov. Kalteng Yulindra Dedy, S.STP., M.Si Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah turut berpartisipasi dalam rangka Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri pada 7 (tujuh) sektor kategori yang dilombakan yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi publik, serta pelayanan terpadu satu pintu atau PTSP.

“Puji syukur kehadirat Tuhan YME, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berhasil menduduki posisi 3 (tiga) besar dalam pagelaran tersebut dan disampaikan dalam acara Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 ini secara langsung melalui video conference, ini merupakan kebanggaan kita dan hasil kerja keras kita bersama” jelasnya.

Sektor transportasi publik menjadi salah satu tempat yang sangat rentan sebagai pusat penyebaran Covid-19. Karena tingginya mobilitas masyarakat saat memakai moda transportasi umum, sangat diperlukan adanya peningkatan kewasapadaan baik bagi penyedia jasa transportasi dan penumpang/pengguna jasa transportasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka menghadapi tatanan normal baru/adaptasi kebiasaan baru ini mempunyai tahap pengenalan atau prakondisi agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi. Prakondisi ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai sektor kehidupan tidak terkecuali pada sektor transportasi umum dan melalui video tersebut kita secara langsung memberikan sosialisasi  yang mencerminkan ketaatan dalam penerapan protokol kesehatan dan ketentuan lainnya  berdasarkan aturan yang dikeluarkan pemerintah dalam memerangi wabah pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

lanjutnya, keberhasilan kegiatan ini merupakan atas arahan dan dukungan penuh Bapak Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tegah dan sinergitas yang baik antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, UPT Kementerian Perhubungan di daerah dan Stakeholder terkait dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam kesempatan yang sama, Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Drs. H. Nurul Edy, M.Si mewakili Gubernur Kalimantan Tengah setelah mengikuti video conference mengucapkan selamat atas keberhasilan ini, dimana Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selain mendapatkan piagam penghargaan juga mendapat hadiah sebesar Rp. 1 Milyar Rupiah dalam bentuk Dana Intensif Daerah (DID) hal ini tentunya adalah kebanggaan atas keberhasilan kita semua terkhusus kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah atas prestasi penghargaan Juara Ketiga yang telah diraih. “Ini bisa dijadikan motivasi baru kedepan bagi transportasi di Kalimantan Tengah. Dan saya pikir banyak tantangan kedepan untuk kita dalam menyikapi pandemi Covid-19 dan menuju tatanan normal baru kedepannya menjadi tantangan motivasi bagi jajaran perhubungan dan terus kedepannya tidak hanya di Palangka Raya saja melainkan untuk daerah-daerah lain di Kalteng karena pada dasarnya kita sedang membangun semua sektor transportasi di Kalimantan Tengah”.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *